PHI : THE MOST BEAUTIFUL NUMBERS

23 05 2009

phigoldXPada tahu “PHI” nggak ?

PHI kali ini bukanlah PHI yang sering didengar di matematika, melainkan PHI yang bernilai 1,618 .

Bilangan ini merupakan bilangan tercantik di dunia, ya , “PHI – 1,618”.

PHI diperoleh dari deret Fibonacci, yaitu sebuah deret yang terkenal bukan hanya karena jumlah dari angka yang berdekatan sama dengan angka setelahnya, tetapi juga karena hasil bagi dari angka-angka yang berdekatan memiliki sifat yang mengagumkan mendekati angka 1,618 , PHI !

Menurut Novel The Da Vinci Code karya Dan Brown, keunikan lain PHI adalah peranannya sebagai dasar dari balok bangunan dalam alam. Tumbuhan, hewan, dan bahkan manusia, semua memiliki sifat dimensional yang melekat dengan kualitas keakuratan pada rasio PHI banding 1.

Keberadaan PHI yang tersebar di alam jelas lebih dari kejadian kebetulan saja, para Ilmuwan terdahulu menyebarluaskan 1,618 sebagai Proporsi Agung di Alam. Salah satu contohnya adalah “Hubungan antara Betina dan Jantan pada Komunitas Lebah Madu”, seperti yang telah diketahui bahwa jumlah lebah betina lebih banyak dari jantan. Dan jika kita membagi jumlah lebah betina dengan jumlah lebah jantan di setiap sarag lebah di dunia, hasilnya adalah PHI.

PHI adalah angka yang paing penting dalam seni. Contohnya adalah anatomi tubuh manusia. Hal ini dibuktikan dari Karya Agung Leonardo Da Vinci, “The Vitruvian Man”. Da Vinci mengerti baik mengenai struktr agung dalam tubuh manusia. Dan dialah orang pertama yang memperlihatkan bahwa tubuh manusia betul-betul terbuat dari balok-balok bangunan yang rasio proposionalnya selalu sama dengan PHI. Jadi, kita bisa mendapatkan angka PHI disaat kita mengukur setiap inchi tubuh kita.

Nggak percaya ? Coba buktikan sendiri, ukur jarak dari puncak kepala kamu hingga ke lantai pada saat kamu berdiri, lalu bagilah dengan jarak dari pusar ke lantai, maka hasilnya, PHI ! Lalu, ukurlah jarak dari bahu kamu ke ujung jari, lalu bagi dengan jarak dari siku ke ujung jari, PHI ! Yang ketiga, paha ke lantai saat berdiri, dibagi dengan lutut ke lantai, PHI ! Masih banyak lagi, perhatikan ruas jari tangan kamu. Ruas kedua dari ujung berukuran 1,618 kali lebih panjang dari ruas paling ujung. Pada wajah, panjang hidung kita berbanding 1:1,618 dibanding lebar mulut dari ujung ke ujung. Gigi depan dengan gigi sebelahnya juga berukuran 1,618 kali lebih besar.

Menarik bukan, PHI ? Bahkan, PHI juga digunakan oleh Stardivarius untuk menghitung penempatan yang tepat untuk lubang f dalam konstruksi Biolanya yang sangat terkenal itu. Dan satu lagi, Pentagram atau pentakel, simbol yang dipandang agung oleh banyak budaya karena saat kita menggambarnya, garis-garis itu secara otomatis membagi dirinya sendiri menjadi segmen sesuai dengan Proporsi Agung. Rasio dari segmen garis dalam pentakel semua sama dengan PHI.

Yah, berbagai karya agung pun didasari oleh PHI . Begitu hebatnya angka PHI.

ps. dikutip dari novel The Da Vinci Code dan http://www.simszone.org


Aksi

Information

8 responses

7 06 2009
Fonega

hem.. kata sapa PHI – 1,618 bilangan tercantik??

21 06 2009
accanoke

salam kenal… 😀

baru tahu saya??? tapi facta gak nie?????

23 06 2009
Ibiy chlarck

PHI ? Ttg ap tu ? Jd bingung nee.

18 09 2009
Niwa El-Islamy

SUBHANALLAH…
allah menciptakan angka yg begitu indahnya…

Tahu kah anta? MEKKAH AL-MUKARAMAH DAN KA’BAH TERMASUK “PHI” ??

31 10 2009
and1k

phi apa ya gak tau aq

3 12 2009
qnuun

waa .. … curang ! diposting nee ..

18 12 2009
depeiyzas

mitra : kenyataan😀
accanoke : beneer .
ibiy : y tentang phi . .
niwa : oia? baru tau ak . .
andik : y dibaca loo . .
kinan : hahaha, iah, terinspirasi dr novel pinjaman😀

22 02 2010
kc bondart

aq brei nilai plus bg dia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s